Jumat, 12 September 2014

Sistem Informasi Kesehatan (SIK)


Sistem Informasi Kesehatan


A.  Definisi
Sistem Informasi Kesehatan Terdiri dari dua hal yakni Sistem Informasi  dan Informasi Kesehatan. Dimana sistem informasi merupakan suatu tatanan sistem yang terdiri manusia (brainware), peralatan (hardware, software), prosedur (Aktivitas yang dilakukan) untuk menghasilkan data dan informasi. Sedangkan Informasi Kesehatan adalah data tentang persoalan kesehatan baik di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, maupun tingkat pusat.
Jadi Sistem Informasi Kesehatan adalah suatu sistem informasi yang menghasilkan data dan informasi tentang persoalan kesehatan baik di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, maupun tingkat pusat. Sistem Informasi Kesehatan juga membantu dalam pengambilan suatu keputusan kebijakan program kesehatan seperti : Pelaksanaan pelayanan kesehatan sehari-hari, Perencanaan penanggulangan masalah kesehatan, dan Mendukung manajamen kesehatan dalam penyusunan rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

B.  Dasar Hukum Sistem Informasi Kesehatan
Suatu sistem atau lembaga harus memiliki legalitas untuk mendapat membuktikan bahwa sistem atau lembaga tersebut legal karena memiliki dasar hukum. Sistem informasi kesehatan memiliki beberapa dasar hukum, salah satu dasar hukumnya yaitu : Undang-undang No. 14 tahun 2008 Tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP)

C.  Peranan Sistem Informasi Kesehatan

Menurut World Health Organization (WHO) suatu sistem informasi kesehatan tidak bisa berdiri sendiri, karena sistem informasi kesehatan merupakan salah satu bagian dari enam komponen sistem kesehatan di suatu Negara. Peranan sistem informasi kesehatan adalah mendukung dengan memberikan informasi dalam proses pengambilan keputusan.


D.  Tujuan Sistem Informasi Kesehatan
Sistem informasi kesehatan bertujuan untuk mengorganisir berbagai data yang telah dikumpulkan secara sistematik, memproses data menjadi informasi yang berguna

E.   Kelebihan dan Kelemahan Sistem Informasi Kesehatan
a)    Kelebihan
Kelebihan dari sistem informasi kesehatan adalah informasi yang didapat akurat, pendataan dilakukan dengan cermat, pengambilan keputusan kebijakan yang tepat, biaya yang dikeluarkan lebih murah meski pada awalnya cukup mahal (investasi jangka panjang), dan keterbukan dalam berbagai aspek  
b)   Kelemahan
Kelemahan dari sistem informasi kesehatan adalah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi, persebaran sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi tidak merata, biaya awal yang cukup mahal meski selanjutnya lebih murah(investasi jangka informasi).

F.   Video Advokasi Sistem Informasi Kesehatan 

2 komentar: